Dua Lipa (Single / Warner Music) – Swan Song (From the Motion Picture “Alita: Battle Angel”)

Yang ditunggu-tunggu muncul juga. Dua Lipa menghadirkan single barunya di tahun 2019 ini, ‘Swan Song’. Sebagaimana yang sudah kita ketahui, lagu merupakan soundtrack untuk film aksi-fantasi-fiksi-ilmiah, “Alita: Battle Angel”, sehingga lagunya pun terdengar dramatis dan epik. Ditulis Dua bersama Justin Tranter, Kennedi Lykken, Mattias Larsson, Robin Fredriksson dan Thomas Holkenborg, ‘Swan Song’ adalah sebuah track anthemik yang memadukan antara pop-electronic dengan nuansa tribal sehingga ia terdengar bergemuruh. Pas untuk menghantarkan efek dramatis tadi, sementara Dua bernyanyi dengan penuh semangat. Single dirilis tanggal 24 Januari.


Julia Michaels (EP. Inner Monologue Part 1 / Republic) – Anxiety (feat. Selena Gomez)

Julia Michaels akhirnya merilis EP “Inner Monologue Part 1”. Dan berbarengan dengan itu, Julia menghadirkan kolaborasinya bersama Selena Gomez yang sudah ditunggu-tunggu, ‘Anxiety’. Diset sebagai pembuka album mini, ‘Anxiety’ memang layak menjadi highlight, karena mengangkat isu yang cukup penting di dalamnya, yaitu tentang kesehatan mental dan depresi. Dihadirkan dalam corak balada minimalis yang menghantui, tema lagu memang terasa lekat dengan Selena. Single dirilis tanggal 24 Januari.


Vampire Weekend (Alb. FOB / Sony Music) – Harmony Hall

Sudah 6 tahun berlalu semenjak band yang kini terdiri atas Ezra Koenig, Chris Tomson dan Chris Baio, Vampire Weekend, merilis album ketiga mereka/ Maka rasa-rasanya memang sudah waktunya mereka untuk merilis album baru. Sesuai janji, Vampire Weekend merilis single baru mereka di bulan ini. Tidak hanya satu, namun dua sekaligus, salah satunya, ‘Harmony Halll’ yang dibuka dengan petikan gitar akustik yang mengindikasikan lagu sebagai sebuah track folk, sampai kemudian mengubah temponya di verse kedua menjadi sebuah pop-dance-retro. Enerjetik layaknya sebuah lagu Vampire Weekend. Single dirilis tanggal 24 Januari.


Florence + The Machine (Single / Universal Music) – Moderation

Sebenarnya Florence + The Machine layak untuk beristirahat di tahun 2019 ini mengingat mereka sudah memuaskan para fans dengan album “High As Hope” yang dirilis tahun lalu. Namun rupanya kumpulan ini tidak mau bersantai-santai saja, karena baru saja merilis single baru mereka. Tidak satu, namun dua sekaligus, termasuk ‘Moderation’ yang sudah cukup sering dibawakan live oleh Florence + The Machine. Diproduseri James Ford, ‘Moderation’ mengingatkan akan sebuah track soul yang upbeat, meski kemudian tentu saja dihadirkan dengan pendekatan pop barok ala Florence + The Machine, sehingga akhirnya menjelma menjadi sebuah stadium-rock yang antemik. Single dirilis tanggal 24 Januari.


Lauv & Troye Sivan (Single / Lauv) – i’m so tired…

Troye Sivan dan Lauv adalah dua penyanyi muda yang tengah menanjak namanya. Dan siapa kira ternyata mereka memutuskan untuk berduet. ‘I’m So Tired…’, kolaborasi Lauv dan Troye Sivan ternyata pas dalam memadukan musikalitas dua penyanyi muda ini. Lauv dan Troye tak asing dengan pop progresif berbau electronic, maka demikianlah yang mereka usung dalam lagu. Tempo yang kinetik menjadi kekuatan ‘I’m So Tired…’, sementara Troye dan Lauv saling bersautan dalam menyanyikan lirik lagu. Sebuah bop yang tak terdengar cheesy. Easy listening tapi kosong tanpa esensi, sesuatu yang memang bisa diharapkan dari dua bintang ini. Single dirilis tanggal 24 Januari.


Tori Kelly (Single / Capitol) – Change Your Mind

‘Change Your Mind’ adalah sebuah balada cinta di mana Tori Kelly mencurahkan pujaanya kepada seorang laki-laki, meski sepertinya sang ayah kurang setuju. Boleh dikatakan Tori berusaha meyakinkan ayahnya jika sang kekasih adalah yang pas untuk dirinya. ‘Change Your Mind’ sebagaimana biasa dibawakan Tori dengan kualitas vokal yang prima. Sebagai lagu bercorak pop-soul, ‘Change Your Mind’ mengizinkan Tori menyajikan dinamika nyanyian yang intens dalam membawakan lagunya. Single dirilis tanggal 25 Januari.


AURORA (Single / Universal Music) – Animal

Selama ini kita mengenal AURORA sebagai penembang pop-alternatif yang mengusung electronic dengan vokal atmosferik dan terdengar etheral. Single paling barunya, ‘Animal’, bukan pengeculian karena semua ciri khas AURORA tetap terdapat di dalamnya. Tapi ada yang cukup berbeda salam sajian bintang asal Norwegia bernama asli Aurora Aksnes ini, karena ‘Animal’ dihadirkannya dengan pendekatan pop yang lebih tebal. Electro-pop lebih tepatnya yang dipadu dengan unsur dance. Sehingga tidak heran jika lagu terdengar sangat up-beat. Sebuah bop dari AURORA bisa kita katakan. Single dirilis tanggal 24 Januari.


Ashley Tisdale (Alb. Symptoms / Big Noise) – Love Me & Let Me Go

Kembali Ashley Tisdale hadirkan cicipan untuk album mendatangnya, “Symptoms”. Mantan bintang Disney ini menghadirkan sebuah bop berjudul ‘Love Me & Let Me Go’. Meski dihadirkan dengan beat yang menggoda dan ketukan break yang up-beat, namun lagu pop ini ternyata memiliki tema yang cukup berat. Di dalamnya Ashley bernanyi tentang membebaskan diri dari rasa depresi. Ia menggunakan tema kekasih berperangai buruk sebagai metafora untuk masalah kesehatan mental ini. Single dirilis tanggal 25 Januari.


Bryan Adams (Alb. Shine a Light / Badams Music) – Shine a Light

Kabar gembira untuk penggemar Bryan Adams. Ia siap untuk merilis album ke-14 miliknya yang bertajuk “Shine A Light”. Rencananya album akan dirilis tanggal 1 Maret mendatang. “Shine A Light” akan terdiri atas 12 track, termasuk lagu berjudul sama yang kini sudah dirilis oleh Bryan sebagai single. Menariknya, Bryan melibatkan Ed Sheeran untuk membantunya menulis lagu. Ia bertemu sang hitmaker di Dublin di salah satu konsernya dan segera saja kerap saling berhubungan. Single dirilis tanggal 17 Januari.


Jack & Jack (Alb. A Good Friend Is Nice / Island) – Tension

“A Good Friend Is Nice” merupakan album studio untuk duo pengusung pop-rap duo asal Amerika, Jack & Jack, dan dirilis tanggal 25 Januari yang lalu. Sebelum album dirilis, mereka merilis ‘Tension’ sebagai single kedua untuk albumnya. Pendekatan ala hip-hop tentunya masih menjadi usungan lagu, namun Jack & Jack membungkus lagu dengan nuansa alt-R&B yang kental dengan pengaruh electronic, sehingga mungkin akan agak terdengar mirip dengan lagu yang biasa dibawakan The Weekend misalnya. Single dirilis tanggal 11 Januari.


Luis Fonsi (Alb. Vida / Universal Music) – Sola (English Version)

Dengan sukses ‘Despacito’, nama Luis Fonsi pun melesat menjadi bintang internasional. Kini ia ingin mengembangkan sayapnya lebih lebar dengan album berjudul “Vida” yang akan dirilis tanggal 1 Febaruari. Jelang perilisan album, Luis menghadirkan single baru berjudul ‘Sola’ yang dihadirkan dalam dua versi bahasa, Spanyol dan Inggris. Secara notasi tidak ada perbedaan, ‘Sola’ adalah sebuah power-pop bertempo sedang yang manis dengan balutan Latin di dalamnya. Single dirilis tanggal 23 Januari.

Special Thanks to Sony Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Warner Music Indonesia, dll.